Pengenalan MySQL & WampServer

Gambar MySQL & WampServer
Pengenalan MySQL - Bicara tentang MySQL atau Mai-se-kuel, MySQL singkatan dari My Strukture Query Language merupakan sebuah program pembuat database yang bersifat open source, yang artinya siapa saja boleh menggunakanya. Selain itu, yang lebih anehnya didalam produk MySQL, ternyata MySQL menggunakan sebuah logo hewan yaitu ikan lumba-lumba yang diberi nama Sakila. 
Taukah anda kenapa MySQL menggunakan logo tersebut dan diberi nama Sakila?
Karena pada saat itu ada kontes nama lumba-lumba yang diselenggarakan oleh MySQL AB, dimana para pemenangnya adalah Ambroze Twebaze, seorang pengembangan software open source dari Swaziland, Afrika. Nama Sakila diambil dari kontribusi pemenang kontes nama lumba-lumba dengan MySQL AB. Menurut Ambroze, nama saklila diambil dari bahasa Siswati, bahasa lokal Swaziland.

Program ini sebenarnya program yang berjalan pada platform Linux, akan tetapi karena sifatnya yang open source ini dapat dijalankan pada semua platform baik windows maupun Linux. Selain itu,  MySQL juga merupakan aplikasi Multi User (Banyak Pengguna). Saat ini database MySQL telah digunakan hampir oleh semua programer database, apalagi dalam pemrograman web.

Kelebihan lain dari MySQL adalah menggunakan bahasa Query standar yang dimiliki SQL (Strukture Query Language). SQL dalah suatu bahasa permintaan yang terstruktur yang telah distandarkan untuk semua program pengakses database seperti Oracle, Posgres SQL, SQL Server, dll.

Sebagai sebuah  program penghasil database, MySQL tidak dapat berjalan sendiri tanpa adanya sebuah aplikasi lain (interface). MySQL dapat didukung oleh hampir semua program aplikasi baik yang open source seperti PHP maupun yang tidak, yang ada pada platfom windows seperti Visual Basic, delphi dan lainnya.

MySQL jika digunakan untuk database sendiri memilik 2 tampilan yaitu 
  1. DOS yang memiliki prompt utama yang disebut mysql>. jika menggunakan tampilan ini sangatlah sulit karena harus mengahafalkan perintah Querynya. Akan tetapi jika anda benar-benar ingin belajar database Saran saya gunakan tampilan no 1 ini dibandingkan no 2 agar nanti anda bisa memahami dan menghafalkan Query yang digunakan. 
  2. Web yang berjalan dibawah server database yang disebut PhpMyAdmin. Jika menggunakan tampilan ini sangatlah mudah dan praktis, anda tidak perlu conding, hanya klik sana klik sini saja karena sudah disediakan oleh PhpMyAdmin.
MySQL disini yang akan saya gunakan untuk kinerja Bahasa Pemrograman khusunya untuk pengembangan WEB adalah WAMPSERVER
Apa itu WAMPSERVER ?
WAMPSERVER Singkatan dari Windows, Apache, MySQL, PHP dan paket Server terintegrasi untuk memenuhi kebutuhan pelayanan WEB yang meliputi web Apache, interpreter PHP dan tool MySQL berbasis GUI (PhpMyAdmin).

Secara default, Wampserver akan dipasang pada folder c:\wamp dan seluruh dokumen web yang akan ditampilkan melalui WampServer diletakan difolder c:\wamp\www atau dibawahnya. Sebelum mengeksekusi file PHP atau Bahasa Pemrograman yang lainnya, WampServer perlu diaktifkan terlebih dahulu.

* Jika anda belum memiliki aplikasi WAMPSERVER silahkan download disitus resminya www.wampserver.com

Demikian tentang Pengenalan MySQL & WampServer yang bisa saya sajikan, apabila ada yang belum jelas bisa ditanyakan melalui kotak komentar. Semoga postingan ini bisa bermanfaat bagi anda.



Post a Comment

Silahkan manfaatkan kotak komentar dibawah ini untuk bertanya, menanggapi, menambahkan pendapat dan tempat untuk berdiskusi. Mohon maaf sebelumnya, setiap link hidup akan terhapus secara otomatis.

Previous Post Next Post