Cara Membuat Hitungan Mundur Pada Delphi 10

Cara Membuat Hitungan Mundur Pada Delphi 10 - Pada Kesempatan kali ini kita akan membahas dan membuat aplikasi sederhana yaitu aplikasi hitungan mudur menggunakan delphi. Hitungan Mundur terkadang banyak digunakan pada permainan atau game entah itu game online maunpun offline, tujuannya kenapa kok menggunakan hitungan mundur? biasanya pada permainan menggunakan hitungan mundur untuk menghitung waktu permainan yang sedang dijalankan  oleh para user. Setiap Misi pada permainan pasti ada jangka waktu tertentu untuk menyelesaikannya, laa inilah peran dari hitungan mundur dibutuhkan. 

Oke, itu tadi sebagai intermeso yaa hehe, Mari kita mulai masuk pembahasan dan pembuatan aplikasi sederhana hitungan mundur, berikut beberapa yang harus disiapkan :
Pertama Buat Form Baru, Kedua Tambahkan 1 Panel,  1 Label, 3 Button dan 1 Timer.
setelah itu aturlah properties seperti gambar dibawah ini :
Gambar Object dan Properties-nya
Kemudian Ini alur program yang akan kita buat :
  1. Jika Tombol Star di Klik maka Panel timer akan menentukan jumlah detik yang akan dihitung mundur, Pada saat itu pula Tombol Start akan mati (enabled false) dan button pause akan aktif (enabled true) dan timer mulai menghitung mundur perdetik (enabled true)
  2. Jika Tombol Pause di Klik maka hitung mundur akan berhenti dengan mematikan timernya dan tombol pause akan berubah nama menjadi tombol lanjut. 
  3. Jika Tombol lanjut di klik maka akan menjalankan kembali timer yang sedang terpause tadi sehingga hitungan mundur akan berjalan kembali dan Tombol Lanjut berubah kembali mejadi Tombol Pause. 
  4. Jika Nilai Timer sudah menjadi 0 maka timer akan berhenti dan muncul konfirmasi bahwa waktu ada sudah habis dan kembali kesemula dengan tombol start yang aktif. 
  5. Jika Tombol Keluar di Klik maka akan muncul konfirmasi keluar dari program dan jika menekan Yes maka akan keluar dari program.
Berikut Untuk listung Codenya :
1. Form (*Jika ingin menampakan codenya tinggal klik pada object form-nya)

procedure Tfrm_HitunganMundur.FormCreate(Sender: TObject);
begin
  btn_pause.Enabled:= false;
end;

>> Artinya : Ketika menjalankan aplikasi tersebut, maka pada tampilan btn_Start akan aktif sedangkan pada btn_Pause tidak aktif dan pada pnl_Timer masih bertulisan Timer belum muncul angkanya.

2. btn_Start (*Jika ingin menampakan codenya tinggal klik pada object-nya)


procedure Tfrm_HitunganMundur.btn_StartClick(Sender: TObject);
begin
  pnl_timer.Caption:='10';
  timer1.Enabled:=true;
  btn_start.Enabled:=false;
  btn_pause.Enabled:=true;
end;

>> Artinya : Pada saat btn_Start di Klik maka pn,_Timer akan menampilkan nilai atau jumlah detik yang akan dihitung mundur, disini akan dihitung mundur selama 10 detik dan btn_Start menjadi tidak aktif dan btn_Pause menjadi aktif. Timer akan mulai menghitung mundur sesuai interval yang diatur 1000 atau akan berjalan per 1 detik.

3. Timer1 (*Jika ingin menampakan codenya tinggal klik pada object-nya)

procedure Tfrm_HitunganMundur.Timer1Timer(Sender: TObject);
var
  waktu: Integer;
begin
  if pnl_timer.Caption='0' then
    begin
      timer1.Enabled:= false;
      showmessage('Maaf Waktu anda habis');
      btn_start.Enabled:= true;
      btn_pause.Enabled:= false;
    end
  else
    begin
      waktu:= StrToInt(pnl_timer.caption);
      waktu:= waktu-1;
      pnl_timer.Caption:= IntToStr(waktu);
    end;
end;

end.

>> Artinya : Saat tombol star diklik, otomatis timer1 akan aktif dan menjalankan nilai panel timer dengan detikan angka yang selalu berkurang sehingga terlihat seperti hitungan mundur. Jika nilai panel timer sudah mencapai batas 0 maka timer akan dimatikan dan muncul konfirmasi bahwa "Maaf waktu anda habis". *Warna merah seperti diatas bisa anda ganti dengan sesuai keinginan.

4. btn_Keluar (*Jika ingin menampakan codenya tinggal klik pada object-nya).


procedure Tfrm_HitunganMundur.btn_KeluarClick(Sender: TObject);
begin
  if(application.MessageBox('Yakin Akan Keluar dari aplikasi ini','Konfirmasi',MB_YesNo)=ID_Yes) then
   begin
     close;
   end;
end;

>> Artinya : Jika tombol keluar diklik maka akan muncul konfirmasi keluar "Yakin akan keluar dari aplikasi ini". Jika pilih yes maka akan keluar, dan jika pilih no maka akan tetap di aplikasi tersebut. 

5. btn_Pause (*Jika ingin menampakan codenya tinggal klik pada object-nya).

procedure Tfrm_HitunganMundur.btn_PauseClick(Sender: TObject);
begin
  if btn_pause.Caption='PAUSE' then
    begin
      timer1.Enabled:= false;
      btn_pause.Caption:='LANJUT';
    end
  else
    begin
      timer1.Enabled:= true;
      btn_pause.Caption:='PAUSE';
    end;
end;

>> Artinya : Jika tombol pause diklik maka akan mematikan timer yang sedang berjalan mengitung mundur dan nama button berubah menjadi lanjut. Jika button lanjut diklik maka akan menjalankan kembali timer yang berhenti tadi dan langsung menghitung detikan nilai sampai habis nilainya.

Berikut untuk tampilan aplikasinya saat dijalankan :
Tampilan aplikasi sederhana yang dijalankan

Demikian tentang Cara Membuat Hitungan Mundur Pada Delphi 10 yang bisa saya sajikan, apabila ada yang belum jelas bisa ditanyakan melalui kotak komentar. Semoga postingan ini bisa bermanfaat bagi anda.

Post a Comment

Silahkan manfaatkan kotak komentar dibawah ini untuk bertanya, menanggapi, menambahkan pendapat dan tempat untuk berdiskusi. Mohon maaf sebelumnya, setiap link hidup akan terhapus secara otomatis.

Previous Post Next Post