Pengalaman Upgrade Versi 5.1 (Lollipop) Hape Lenovo P70-A

Ilsekomputer - Hai gaes, saya rasa udah lama sekali ya saya tidak update artikel lagi, yups maklumlah disibukan dengan urusan offline. Jika diingat-ingat, terakhir kali saya update pada bulan november kemarin dengan artikel yang saya ulas tentang android P70 milik saya. Di blog saya sering saya update tentang ilmu seputar komputer entah itu dalam bentuk informasi, tips dan trick sampai ketutorial. Nah, kali ini saya akan menyimpang dengan topik blog saya, biar apa ? biar anda semua tidak bosen dengan ulasan yang saya buat tentang seputar komputer saja. Yaa, setidaknya biar nambah pengetahuan.
Logo Lollipop Lenovo P70-A

Baik, disini saya akan mengulas tentang Pengalaman Upgrade Versi 5.1 (Lollipop) Hape Lenovo P70-A. Berdasarkan pengalaman saya sendiri ketika saya upgrade keversi 5.1 dan saya buktikan di hape saya ternyata ada sedikit perbedaan mulai dari tampilan (desain) yang menurut saya lebih bagus dan dalam penggunaannya sendiri juga terasa ringan walaupun banyak apk (aplikasi yang saya instal).

Pengalaman saya sebelum meng-upgrade keversi 5.1, jujur saya merasa takut untuk memulai pengupgrade-an karena denger-denger dari salah satu teman saya pernah berkata katanya jika diupgrade nanti banyak yang gak support dengan software-sofware di Android P70 dan akan hilang semua data yang ada di telepon baik apk yang sudah diinstal di hape maupun data-data yang lainnya. Ini lah yang membuat saya merasa takut.






Setelah dipikir-pikir akhirnya saya beranikan untuk upgrade ke versi 5.1, dalam hati saya "ah sudahlah, biarin jika data-datanya hilang toh juga gak begitu penting dan saya sendiri juga ingin merasakan ke versi 5.1 (Lollipop) itu seperti apa" 

Versi sebelum diupgrade adalah versi 4.4 (Kitkat) dan itu sudah bawaan dari lenovonya. Mulai muncul pemberitahuan pembaruan sistem Versi 5.1 (Lollipop) pada bulan Oktober.

Pada tanggal 12 Desember 2016 saya mulai melakukan pengupgrade an, dalam proses pengupgrade an memakan waktu kurang lebih 30 menit. Ini semua tergantung dari koneksi anda, jika speed nya cepat mungkin tidak akan sampai 30 menit. Kapasitas OS yang didownoad kurang lebih 1,69 Gb kalau gak salah. Hehe (*dilupakan)

Akhirnya semua asumsi-asumsi yang ada tersebut salah semua, saya buktikan sendiri tidak ada yang terjadi apk (aplikasi) yang diinstal tetap nempel di hape dan ternyata banyak yang support kok. Yang diperbarui hanyalah sistem & OS androidnya.

Kelebihan versi 5.1 (Lollipop)

Anehnya ketika saya upgrade ke versi 5.1 untuk fitur menampilkan informasi tentang ponsel dan baterai, dengan Kode rahasia android dengan menekan *#*#4636#*#* di menu telepon ternyata bisa dijalankan dan pada umumnya akan muncul menu-menu seperti menu nformasi telepon, infromasi baterai, statistik penggunaan, dan WLAN informasi.

Padahal dalam versi 4.4 (Kitkat) kode diatas tersebut tidak bisa dijalankan, menurut saya ada yang salah di versi 4.4.

Kode tersebut juga dapat digunakan untuk mingkatkan sinyal 4G LTE agar stanby terus ke 4G LTE.

Tampilan menjadi responsive (desain menarik, dalam sentuan muncul bayangan sentuan sehingga menandakan sedang disentuh oleh jari kita den enjoy dimata pokoke joss).
Baca juga : Cara jitu aktifkan sinyal 4G di android lenovo P70-A
Kekurangan versi 5.1 (Lollipop)
  • Hilangnya fitur knock on dan shake off
  • Dalam Keamanan Layar hanya ada 1 mode kunci layar yaitu menggunakan Pola saja, padahal dalam versi 4.4 ada 3 mode penguncian kalau gak salah hehe.
(* yang saya ketahui baru itu)

*Update(20/12/2016).
Setelah memakai selama seminggu ini, saya mulai merasa kan kelemotan-kelomatan di dalam hape saya ini. entah itu saat dalam membuka aplikasi maupun menutupnya.
Hal ini sering terjadi bahkan setiap hari bisa berkali-kali nge-lagnya.

Kok bisa yaa? Padahal awal pemakaian setelah instal ke versi 5.1 enjoy-enjoy saja tidak ada masalah apapun dan berjalan selama seminggu baru terasa berat. Apakah iya ini kelemahan dalam versi 5.1, saya sendiri juga belum tau dasarnya Apakah benar atau tidaknya,. Tapi yang jelas pada versi yang lama jarang sekali mengalami seperti ini padahal pemakaian sudah berbulan-bulan dan itupun juga saya gunakan untuk nge game juga.

Lihat Juga untuk [Review] LENOVO P70 with android 5.1 (Lollipop) Update New di youtube :


Untuk melihat apakah sudah versi 5.1 dalam Lollipop atau belum, tinggal masuk pengaturan > Tentang Ponsel > pada versi Android 5.1 letakan jari anda diatasnya dan tahan maka akan muncul logo Lollipop (*Jika belum berhasil tekan 2 kali atau lebih dan tahan, ulangi sampai muncul logonya). 
kemudian untuk memunculkan permainan Lollipop tekan pada logo lollipop berulang-ulang sampai muncul permaiannya.

Itulah sedikit ulasan mengenai Pengalaman saya dalam Upgrade Versi 5.1 (Lollipop) di Hape Lenovo P70-A yang bisa saya bagikan, jika dirasa ada pertanyaan silahkan bertanya dikotak komentar. Semoga postingan ini bisa bermanfaat bagi anda




19 Comments

Silahkan manfaatkan kotak komentar dibawah ini untuk bertanya, menanggapi, menambahkan pendapat dan tempat untuk berdiskusi. Mohon maaf sebelumnya, setiap link hidup akan terhapus secara otomatis.

  1. p70a saya suadah saya upgrade ke 5.1 hp saya jadi lemot, bateray cepat habis. apa bisa di downgrade os ke kitkat kembali?

    ReplyDelete
  2. ROM untuk update ke 5.1 itu official atau custom min? Soalnya di video ada custom build version di bagian about phone.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sya pakai yg Offical gan, sya update langsung dr notif sistem pembaruannya itu

      Delete
  3. kamera Terasa nge lag...
    dan suaranya makin kecil...
    masa, buat tlp aja mesti di loudspeaker....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmm, emang benar sih gan. Selama ini yg pernah sya alami yaitu baterai sering cpt habis (hanya bisa bertahan 5 jam itu sya gunakan main game, pdhal dulu bisa berthan setengah hari).
      Klog untuk masalah kamera terasa ngelag sya blm mengalaminya.
      Klog menurut sya untuk versi yg terbaru ini sangat memakan kapasistas yg banyak gan (lebih dr 250 RAM). Memang sih ada kelebihannya tapi menurut sya banyak kekurangannya gan

      Delete
    2. *tambahan lgi gan, untuk speaker malah punya sya mati sebelah gan dan pas waktu digunakan untuk telepon memang agak gak kendengaran

      Delete
    3. *tambahan lgi gan, untuk speaker malah punya sya mati sebelah gan dan pas waktu digunakan untuk telepon memang agak gak kendengaran

      Delete
  4. Recovery mode jg ga bisa dibuka,

    ReplyDelete
  5. Untung aja aku gak berani ke update nih hp rongsokan

    ReplyDelete
  6. Sudah pakai 5.1, biar g lemot gmn ya gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba pakai aplikasi Greenify, fungsi dari aplikasi tersebut untuk menghentikan aplikasi yang sedang berjalan secara sementara.. .

      Delete
  7. 3 bulan yang lalu Pernah upgrade ke lolipop .banyak kekuranganya. Batre boros .speaker suaranya kecil. Sering ngelag ,
    Tapi udah downgrade ke kitkat lagi. Emang lebih nyaman pake os ini .sampai sekarang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagi caranya dong gan, ngdown grade ke kitkat lg, please

      Delete
    2. Bagi caranya dong gan, ngdown grade ke kitkat lg, please

      Delete
  8. Iya gan, bagus kitkat. Ak nyesel pakai os lolipop. ..

    ReplyDelete
  9. sy juga. Nyesel banget upgrade lolipop. Gk ada bagus2nya. Yg ada malah penurunan kualitas. Lelet banget dan banyak fitur yg ampuh jd hilang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang, kualitas sgt jauh. perlu bersabar ni gan.
      ak mau downgrade ke Kitkat lgi. Cuman masih gagal trs. ..

      Delete
  10. Gmn cara downgrade ke kitkat lagi? Plis infonya

    ReplyDelete
Previous Post Next Post